Kamis, 27 Maret 2014

PG Blora Siapkan 1.500.000 Bibit Tebu Unggul Single Bud Planting



Blora, 20 Maret 2014 – Sehubungan dengan program swasembada gula nasional 2014 untuk memenuhi kebutuhan gula di indonesia, PG Blora dalam hal ini telah mempersiapkan 1.500.000 bibit tebu unggul dengan sistem Single Bud Planting (SBP), yang dikenal dengan metode Bud Chips. Bibit tebu unggul ini nantinya akan ditanam dilahan Kebun Bibit Datar (KBD) di Kabupaten Blora.

Program SBP ini merupakan kerjasama dari Dinas Perkebunan Jawa Tengah dan Koperasi Petani Tebu Rakyat (KPTR) Jawa Tengah dengan semua PG se-Jawa Tengah. Adapun penyediaan bibit SBP ini dari Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI).

Metode Bud Chips adalah teknologi percepatan pembibitan tebu dengan satu mata tunas yang diambil dari bibit tebu. Metode Bud Chips ini sangat banyak manfaatnya dibanding tanaman tebu konvensional. Kelebihan Bud Chips ini adalah presentase bibit tebu yang hidup lebih besar dan relatif  kecil gagalnya, jumlah anakan lebih banyak, dan tinggi tanaman seragam.

Pembibitan tanaman tebu SBP ini dilakukan pada bulan Maret 2014 di PG Blora dan nantinya akan ditanam dilahan KBD pada bulan Mei 2014, pada bulan Oktober 2014 ditanam di lahan Kebun Tebu Giling (KTG) Pola II pada masa tanam 2014/2015.

“Program SBP ini merupakan bibit tanaman tebu unggulan, banyak manfaat dari  budidaya bibit ini. PG Blora, Dinas Perkebunan Blora, dan KPTR Jateng  sebagai tim teknis, PT. GMM siap untuk mendampingi proses pembuatan bibit ini sampai selesai di tanam dilahan KBD hingga sampai KTG” Kata Wahyuningsih Bagian Tanaman, PT. GMM.

“Besar harapan dari bibit SBP ini bisa menghasilkan jenis tebu yang berkualitas baik sehingga bisa meningkatkan produksi tebu dan tentunya menghasilkan rendemen yang optimal”, tambah Wahyu.
PG Blora selama menjalankan proses pembibitan SBP ini dibantu oleh tenaga kerja yang dekat dengan ring 1 pabrik, dengan merekrut sekitar 200 tenaga kerja, diantaranya desa Tinapan, Kedungwaru, Kedungwungu, dan lainnya.

“ini juga menjadi langkah nyata PG Blora dalam memprioritaskan tenaga kerja dilingkungan sekitar pabrik. Semoga dengan dibantu tenaga kerja sekitar PG Blora ini bisa menambah penghasilan ekonomi mereka dan terjalin kerjasama saling menguntungkan antara PG Blora dan warga sekitar”, kata Wahyu Agus Siswoyo selaku Humas PT. GMM.

0 komentar:

Posting Komentar